Thursday, June 29, 2006



VII. KAWASAN WISATA SETREN GIRIMANIK

Kawasan wisata Girimanik adalah merupakan kawasan wisata alam yang berudara sejuk dan panorama alam yang sangat indah. Di kawasan wisata ini terdapat 3 buah air terjun yang dinamakan dengan Air Terjun Manik Moyo,dan Air Terjun Tinjo Moyo . Air Terjun Manik Moyo mempunyi ketinggian 70 meter dan Air Terjun Tinjo Moyo mempunyai ketinggian 30 meter. Tidak jauh dari Air Terjun Manik Moyo terdapat sebuah tempat sakral peninggalan atau petilasan Raden Mas Said yang dikenal dengan nama Batu Resi. Di kawasan wisata ini juga terdapat obyek wisata ritual antara lain :

v Sendang Drajat; Adalah merupakan sebuah sendang yang sangat dipercayai untuk meningkatkan drajat seseorang apabila meminum air sendang ini.
v Sendang Kanastren; Menurut cerita sendang ini pernah digunakan untuk mandi Dewi Kanastren, istri Bathara Ismoyo. Sendang ini juga menjadi tempat pemandian Pangeran Samber Nyawa saat bertapa di Pertapaan Giri Manik . Sendang ini dipercayai oleh khalayak bahwa orang yang sulit mencari jodoh apabila mandi air di sendang in segera akan menemukan jodohnya. Bagi para pengunjung yang sedang datang bulan atau sudah berkeluarga dilarang untuk mandi di sendang ini agar tidak menemui hal-hal yang tidak diinginkan.
v Sendang Nglambreh; Konon sendang ini pernah digunakan untuk mandi Roro Mendut. Pada saat itu kemben yang digunakan Roro Mendut terlepas sehingga kelihatan nglambreh (jawa) karena itu dinamakan Sendang Nglambreh. Luas Sendang Nglambreh ini sekitar 100 Meter persegi. Airnya sangat dingin, menurut cerita air telaga Nglambreh ini berkhasiat untuk awet muda, bagi wanita yang mencuci muka di telaga itu akan terlihat cantik dan bila kaum pria akan terlihat lebih tampan. Telaga yang airnya sangat jernih ini berada diantara tebing-tebing gunung yang berhutan sangat lebat sehingga sangat rindang.

v Pertapaan Giri Manik; Adalah sebuah bukit yang digunakan untuk bertapa Raden Mas Said saat bergerilya melawan penjajah Belanda agar diberikan kejayaan dan kemenangan. Tempat ini kemudian disakralkan orang untuk tempat meditasi agar permohonannya dapat terkabul. Sampai sekarang tempat ini banyak dikunjungi oleh para pengusaha pejabat dan seniman untuk mendapatkan berkah.

No comments: